Pasang Exhaust Fan Dengan Fun Dan Aman

Rumah adalah sebuah bangunan yang paling nyaman untuk beristirahat dan juga untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Mengingat begitu pentingnya rumah ini, maka rumah harsu dibuat senyaman mungkin agar yang menghuninya memiliki kenyamanan dan betah berlama-lama dalam rumah.

Segala macam kondisi dan juga suasana juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah masalah sirkulasi udara. Mungkin, banyak orang yang tak memperdulikan masalah ini. namun, yang namanya sirkulasi udara nyatanya memiliki fungsi yang sangat penting bagi kenyamanan di rumah.
Cara memasang exhaust fan
foto:youtube.com
Sirkulasi udara ini tak hanya cukup dengan meggunakan ac atau pun kipas saja karena ac dan kipas pada dasarnya hanya berfungsi sebagai pendingin saja. Sehingga dibutuhkan alat yang bisa menggantikan sirkulasi udara dengan cukup sehat dan juga efektif.

Nama alat yang bisa digunakan adalah exhaust fan. Kipas ini berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara yang ada di rumah di mana nantinya akan membuang udara kotor yang ada di rumah, serta akan mengalirkan udara bersih dan juga segar yang berada di luar untuk masuk ke dalam ruangan.
Mengingat, betapa pentingnya exhaust ini maka, Cara memasang exhaust fan juga harus diperhatikan. Pasalnya, yang namanya exhaust fan ini akan berhubungan juga dengan yang namanya kesehatan karena sirkulasi udara ini sangat berhubungan dengan kualitas oksigen yang akan masuk ke dalam tubuh. Lalu, bagaimana cara memasang exhaust fan yang aman?

Cara pasang exhaust fan di kamar yang nyaman

Cara pasang exhaust fan kdk di kamar ini tentunya sangat gampang. Pertama, Anda wajib mempersiapkan berbagai macam alat bantu untuk menunjang pemasangan. Alat-alat tersebut bisa berupa spidol, tang, obeng, gergaji, amplas, bor, mur, serta alat-alat lain yang akan digunakan dalam pemasangan.

Tentunya, berbeda keadaan dan juga beda jenis exhaust fan juga akan menghasilkan perbedaan alat yang digunakan. Setelah alat bantu dikumpulkan, maka Anda harus bisa mencari lokasi pemasangan yang tepat. Lokasi ini juga tak hanya asal pilih saja karena harus dicari titik yang paling tepat untuk pergantian udara.

Pemilihan titik ini harus diperhatikan dan juga dijauhkan dari segala benda yang menghalangi. Hal ini bertujuan agar sirkualsi udara yang masuk dapat berjalan dengan lancar dan juga tenang serta tidak ada halangan apa pun yang menanahannya.

Pemasangan ini harus disesuaikan dengan Kipas exhaust kecil yang akan digunakan. Buat ukuran lokasi yang sesuai dengan jenis ukuran kipas dan juga segera tandai dengan spidol atau pun dengan penanda yang mudah dibaca. Setelah itu, segera lubangi lokasi tersebut untuk pemasangan exhaust fan.

Cara pemasangan Cara memasang exhaust fan di ventilasi ini juga harus disesuaikan dengan jenis dan juag tipe kipas yang akan digunakan apakah kiranya membutuhkan konektor atau tidak. Pasalnya, ada beberapa kipas yang membutuhkan konektor dalam pemasangannya.

Setelah itu, segera pasang kipas pada lubang yang telah ditargetkan. Tak lupa, dalam pemasangan ini Anda harus memperhatikan berbagai macam parameter seperti tingkat keamanan pemasangannya.
Setelah exhaust fan terpasang, maka segera sambungkan exhaust tersebut dengan konektor yang ada. Setelah itu, jangan lupa segera tutup exhaust fan tersebut. Sebelum pemasangan, mungkin juga diperlukan pengaturan suara yang akan keluar dari kipas tersebut yang kiranya nyaman didengar dan tak membuat sakit telinga.

Jenis-jenis manis exhaust fan yang harus diketahui

Exhaust fan ini memiliki banyak jenis yang aman harus diektahui dari awal dalam pemilihannnya. Pasalnya, beda jenis exhaust fan juga akan mneghasilkan perbedaan dalam tindakan selanjutnya seperti pada pemasangan, atau pun pada perawatan.

a.Wall mount
Jenis exhaust fan yang pertama yang banyak digunakan adalah tipe wall mount. Tipe ini merupakan tipe yang paling banyak digunakan. Tipe ini hanya akan dipasang langsung dalam tembok yang memiliki sirkulasi udara yang terbuka.

Tipe ini bisa langsung digunakan dalam tembok yang tak memiliki penghalang. Namun, jika Anda ingin menerapkan tipe ini pada 2 buah ruang, maka harus diperhatikan terkait bagian lokasi pemasangannya.

b.Tipe window mount
Tipe ini merupakan tipe kipas yang dipasang pada jendela sebuah ruangan. Window mount exhaust fan ini dalam penggunaanya tak bisa digunakan secara asal karena kaca yang akan digunakan juga harus memiliki ketebalan yang idel yakmni 3 sampai dengan 7 mm.

c.Ceiling mount
Tipe yang ketiga ini juga merupakan bagian exhaust fan yang diterapkan dalam sebuah plafon. Penggunaan Cara pasang exhaust fan ceiling ini harus diperhatikan di mana harus menggunakan pipa yang berfungsi untuk menyalurkan udara yang keluar.

Tipe ini sangat cocok untuk digunakan pada sebuah ruangan yang tak memiliki ruangan khusus untuk pembuangan udara dari dalam. Sehingga, pembuangan udara kotor ini akan langsung terbuka pada udara yang terbuka sehingga langsung dihembuskan tanpa halangan.

Pemasangan jenis Exhaust fan di plafon ini, juga harus disesuaikan dengan lebar ruangan yang akan digunakan. Misalnya, Anda memiliki ruangan dengan luas 4 meter, maka Anda bisa menggunakan ukuran 8 inch.

Jika ruangannya memiliki luas 2 kali lipat, maka bisa menggunakan tipe exhaust fan dengan ukuran 10 inch. Begitu seterusnya hal ini berfungsi untuk mengatur sirkulasi dengan lebih optima sebab, exhaust ini akanmengatur severapa besar volume udara yang akan dihembuskan ke dalam dan yang akan dikeluarkan ke luar.

Harga exhaust fan yang berharga bagi ruangan Anda

Sebelum melakukan pemasangan exhaust fan ini, maka alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui Harga exhaust ruangan agar Anda bisa menyesuaikan jenis ruangan dan juga anggaran yang akan dikeluarkan.

Jika Anda membutuhkan exhaust fan dengan ukuran yang besar, yakni 28 inchi, maka nantinya akan dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi yakni Rp 1.700.000. selain itu, jika Anda membutuhkan yang lebih ringan, maka bisa menggunakan jenis Panasonic yang dibanderol dengan harga mulai dari 300.000 hingga 500.000.

Selain itu, jika Anda membutuhkan yang 10 inchi, maka akan dibanderol dengan harga sekitar 450.000. untuk exhaust fan yang memiliki ukuran 8 inchi, maka nantinya akan dibanderol dengan harga 225.000an.

Tentunya, harga exhaust fan ini harus disesuaikan dengan jenis ukurannya. Untuk ukuran yang lebih kecil yakni 6 inchi, maka akan dibanderol dengan hharga yang lebih murah yakni 220 ribuan.
Jadi, Cara menggunakan exhaust fan ini harus disesuaikan dengan jenis kipasnya dan juga ruangannya. Tak lupa, pemilihan jenis kipas ini harus Anda sesuaikan dengan tipe lokasi yang akan dipasang.

Yuk gunakan kipas dengan benar dan juga terkendali agar sirkulasi udara rumah Anda berjalan dengan lancar. Jangan lupa juga gunakan kipas yang disesuaikan dengan kapasitas dan juga sirkulasi udaranya karena beda jenis yang digunakan, beda juga volume udara yang akan disirkulasikan.

Post a Comment for "Pasang Exhaust Fan Dengan Fun Dan Aman"