Ini Dia Cara Membuat Lemari Dapur Sendiri yang Mudah

Bagaimana cara membuat lemari dapur sendiri? Apakah Anda pernah berpikir untuk membuat lemari dapur sendiri? Lemari merupakan salah satu furniture penting yang wajib hadir pada setiap ruamh. Lemari mempunyai fungsi untuk menyimpan barang-barang. Untuk lemari dapur, tentu saja lemari ini mempunyai fungsi untuk menyimpan peralatan dapur. Dengan adanya lemari dapur inilah maka peralatan masak dan makan bisa tersimpan dengan rapi, aman, dan teratur.
Cara Membuat Lemari Dapur Sendiri
foto:model-interior.com
Lemari pun juga mempunyai fungsi lain yaitu sebagai dekorasi pada dapur Anda. Saat ini harga lemari tentu akan merogoh kocek yang banyak. Bahkan ada juga lemari yang per meter perseginya dihargai hingga jutaan rupiah. Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena pada artikel kali ini kami akan memberikan Anda tutorial atau cara membuat lemari dapur dari kayu.

Tutorial atau Cara Membuat Lemari Dapur Sendiri yang Gampang

Apakah Anda berpikir untuk menjadi kreatif dengan membuat lemari dapur sendiri? Dengan membuat lemari dapur sendiri maka Anda bisa berhemat hingga jutaan rupiah, lho. Apalagi membuat lemari dapur sendiri akan menjadi kepuasaan tersendiri bagi Anda. Karena itulah sekarang kami berikan beberapa cara membuat lemari dari triplek juga. Cara-caranya sangat mudah dan bahannya juga tidak mahal. Yuk, segera intip tutorial dibawah ini

1. Ukur lemari Anda
Apapun jenis lemari dapur yang ingin Anda buat, baik itu lemari gantung atau kitchen set, sangat penting untuk mengukur dulu lemari yang akan Anda buat. Tebal lemari dapur yang standar adalah sekitar 65 cm. Lemari sebaiknya memiliki diameter sekitar 3 cm dan 60 cm untuk bagian ‘lidah’nya. Bagaimana dengan tingginya? Tinggi standar dari lemari dapur adalah 90 cm. Dengan catatan tinggi untuk bagian dalam lemarinya adalah 86 cm dan sisanya adalah tinggi untuk bagian lemarinya. Untuk kitchen set bisa Anda tambahkan tingginya mulai dari 45 hingga 50 cm. Berikan sisa ruang diantara jarak langit-langit dan dalam lemari. Jarak tersebut bisa dijadikan sebagai lemari gantung juga. Lebar kitchen set mulai dari 30 hingga 150 cm namun ukuran standarnya dibuat kelipatan 7.5 cm. Jadi, lebar standarnya bisa dari 37.5 cm, 45 cm, 52,5 cm, 60 cm, dan seterusnya. Cara membuat kerangka kitchen set juga jangan melupakan ukuran dari pintu lemarinya dan apakah ukuran kitchen set sudah pas dengan dapur Anda.

2. Potong papan
Cara membuat lemari dapur gantung selanjutnya adalah dengan memotong papan untuk bagiang samping. Sebaiknya gunakan papan MDF ukuran 1.9 cm, kayu lapis, ataupun jenis kayu yang lain. Karena bagian samping tidak akan kelihatan, maka untuk bagian tersebut tidak perlu kayu yang tampilannya bagus. Yang terpenting adalah kualitas dari kayu itu sendiri yaitu ketahanan dan kekuatan yang baik karena akan digantung. Untuk lemari gantung sebaiknya buat ukuran panel lemari dengan panjang 85 cm dan lebar 60 cm. Jepit kedua papan dan potong segi panjang dengan ukuran 7,5 cm x 14 cm dengan menggunakan gergaji pada sudut panel. Panel inilah yang nantinya akan menjadi lekukan pada bagian bawah dalam lemari gantung. Sebenarnya untuk ukuran lemari gantung sendiri bisa disesuaikan dengan selera Anda. Selain ukuran tersebut, cara membuat lemari gantung sendiri juga bisa menggunakan ukuran kedalaman 30 hingga 35 cm. Tingginya juga bisa diubah sesuai dengan ukuran dapur dan tinggi langit-langit dapur Anda. Lekukan ke dalam pada bagian bawah lemari dapur juga sebenarnya tidak perlu digunakan, semua sesuai selera saja.

3. Potong bagian dasar lemari
Jika Anda menggunakan bahan triplek untuk lemari dapur Anda, maka cara membuat lemari dari triplek selanjutnya adalah dengan memotong kayu untuk bagian dasarnya. Ukuran standar untuk dasar lemari adalah 60 cm. Lebarnya mengikuti ukuran dapur Anda. Sebaiknya tambahkan ketebalan kayu untuk bagian samping lemari dapur pada saat hendak mengukur lebar lemarinya. Sedangkan untuk lemari gantung, maka kedalaman yang standar adalah mulai dari 30 hingga 35 cm. Jadi, Anda bisa memotong dua bagian papan kayu untuk lemari gantungnya.

4. Potong bagian depan dan belakang lemari
Gunakakn dua potong balok dengan lebar yang sesuai dengan panel dasar dan juga balok berukuran 2.5 cm x 15 cm untuk cara membuat kitchen set dari multiplek. Kemudian potong panel untuk bagian atasnya. Potonglah dua papan kayu yang digunakan untuk bagian atas. Panel depannya akan berfungsi seperti ningkai foto dan menjadi bagai utama dari lemari dapur Anda. Ukuran kayunya juga akan bergantung dari bagian depan lemari dan selera yang Anda inginkan, Karena itulah Anda bisa menggunakan kayu yang tampilannya cantik atau sesuai dengan selera Anda. Biasanya untuk ukuran standarnya adalah 2.5x5cm, 2.5x7.5cm, dan 2.5x10cm.Namun jika Anda membuat lemari gantung, maka Anda bisa melewatkan cara ini.

5. Pasang panel lemari
Sejajarkan panel untuk bagian dasar dan lem panel dasar hingga tampak mukanya sudah pas yaitu datar sejajar dengan bagian pinggir panel belakangnya. Sedangkan untuk panel yang berukuran 7,5 cm bagian belakangnya harus sejajar dengan bagian ujuang depan. Lalu gunakanlah engsel dan pasangkan baut pada panel lemari bagian dasar ini ke bagian pinggiran panel. Anda bisa menggunakan lubang percontohan jika Anda ragu pada saat memasang baut. Ikutilah langkah ini untuk panel-panel lainnya.

6. Kencangkan pertemuan kayu
Cara membuat lemari gantung dari triplek selanjutnya adalah dengan mengencangkan pertemuan kayu setelah semua panel sudah dipasang. Gunakan baut dan braket sudut untuk mengencangkannya. Cara ini juga sama saja untuk kitchen set yang terbuat dari aluminium.

7. Pasang rak
Bagaimana cara memasang kitchen set ke dinding? Caranya sama saja denagn menggantungkan lemari dapur gantung. Yaitu dengan menandai, mengukur, serta menimbang tempat yang setidaknya ada empat braket sudut. Jadi, tiap sisi terdapat dua braket. Lalu pasanglah kitchen set atau lemari gantung diatasnya. Jika braket sudutnya kurang maka bisa ditambahkan agat semakin kuat menempel ke dinding. Apalagi jika banyak barang yang digantung.

8. Pasang panel muka
Susun setiap panel muka hingga berbentuk seperti bingkai foto. Gunakan engsel datar untuk mempertemukan siku dengan sikut. Anda juga bisa menggunakan engsel, tangan, paku, atau lubang saku, tergantung dari keahlian Anda.

9. Letakan lemari
Cara membuat kitchen set dari aluminium selanjutnya adalah dengan meletakan kitchen set pada tempatnya. Pasanglah baut hingga menembus panel belakang hingga ke dinding sehingga kitchen set akan aman dan tidak bergeser. Untuk kitchen set dan lemari gantung memang sebaiknya menggunakan braket L agar keamanannya terjamin.

10. Pasang pintu
Cara membuat lemari dapur sendiri yang terakhir adalah dengan memasang pintu pada bagian panel depan sesuai dengan pintu yang Anda pilih. Anda juga bisa memasang beberapa laci. Pasang pintu pada panel depan sesuai rekomendasi produsen pintu. Anda juga bisa memasang laci-laci, namun bisa jadi terlalu sulit dan tidak direkomendasikan untuk pemula.

Post a Comment for "Ini Dia Cara Membuat Lemari Dapur Sendiri yang Mudah"