Kelebihan dan Cara Membuat Talang Air dari Seng

Untuk melengkapi rumah yang telah dibuat, ada beberapa kebutuhan yang kadang diremehkan namun sangat berguna. Salah satu barang tersebut adalah talang. Talang air sangat berguna agar air hujan yang mengalir dari atap tidak langsung jatuh di depan rumah sehingga menyusahkan saat kita akan keluar masuk rumah karena derasnya aliran air hujan tersebut. Caranya dengan menampungnya dan mengalirkan ke bagian tertentu. Ada banyak jenis talang air yang dapat Anda gunakan untuk rumah Anda tergantung kebutuhan. Ada talang dengan bahan plastik yang dapat dengan mudah Anda dapatkan di berbagai toko dengan harga terjangkau. Ada juga talang dari beton yang dapat Anda buat sendiri. Bicara mengenai pembuatan talang, selain menggunakan beton, Anda dapat membuatnya dengan seng. Cara membuat talang air dari seng lebih mudah dibandingkan dengan membuat talang air dari beton. Harganya pun  akan jauh lebih terjangkau.
Cara Membuat Talang Air dari Seng
foto:khanzaya.wordpress.com
Kelebihan Talang Seng
Sebenarnya, selain dari seng, Anda juga dapat membuat talang dari bahan lain yang lebih murah dengan cara yang lebih mudah pula seperti dari pipa PVC. Cara membuat talang air dari pipa PVC memang masuk dalam kriteria mudah, cara membuat talang air dari pipa paralon yang utama hanya perlu memotong sebagian pipa agar bisa menampung air hujan dari atap. Sayangnya, daya tampung pipa PVC terbatas karena ukurannya yang terbatas pula. Talang dari pipa mungkin akan efektif sebagai penampung air pada bangunan kecil seperti saung, atap dengan luas yang terbatas, dan sebagainya. Oleh karenanya, talang dari seng seringkali menjadi pilihan talang yang digunakan pada bangunan yang lebih besar atau atap dengan ukuran yang lebih lebar. Hal ini karena talang dari seng dapat dibuat sesuai dengan ukuran yang diperlukan. Anda bisa membuat talang dengan volume atau daya tampung yang disesuaikan dengan ukuran bangunan dan atau luas atap. Berikut adalah kelebihan dari talang seng.

1.Ukuran dapat dengan mudah diatur
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, talang seng lebih mudah diatur terutama masalah ukuran. Anda dapat membuat talang dengan berbagai ukuran baik ukuran volume maupun ukuran panjang. Anda bisa mengaturnya dengan mudah dengan mengatur lipatannya. Jika Anda membuatnya sendiri, penyesuaian mengenai ukuran dan panjang yang customized akan lebih mudah didapatkan.

2.Bahan murah dan mudah didapat
Seng termasuk salah satu bahan yang mudah didapatkan dengan banyak pilihan kualitas. Jika Anda ingin talang yang tahan lama, Anda bisa menggunakan seng dengan kualitas tinggi yang memiliki lapisan anti karat sehingga tahan lama. Anda juga bisa menyesuaikan bahan dengan anggaran yang Anda miliki.

3.Pembuatan mudah dan cukup tahan lama
Satu yang membuat talang seng menjadi salah satu talang favorit adalah cara membuatnya yang cukup mudah dibandingkan dengan cara membuat talang air beton.

Cara Membuat Talang Sendiri dari Seng

Nah, setelah mengetahui apa saja keunggulan talang seng ini, saatnya kita mempelajari bagaimana cara membuatnya. Bagi Anda yang ingin membuat talang dari beton berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

1.Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengukuran panjang dan menghitung volume talang. Anda bisa menghitung panjang atap yang akan Anda beri talang termasuk di mana tempat lekukan dan tempat lubang untuk saluran pembuangan. Ukur juga berapa lebar dan tinggi talang yang Anda inginkan. Anda bisa mempertimbangkan berdasarkan luasan atap rumah Anda.

2.Setelah melakukan pengukuran dengan teliti, saatnya Anda mengukur seng yang dibutuhkan dan membeli sesuai dengan perkiraan ukuran. Jika tidak menemukan panjang yang pas, Anda dapat melakukan penyambungan nantinya.

3.Setelah seng siap, beri garis untuk menandakan di mana Anda akan memotong seng dan di mana Anda akan melipat seng dan membentuk talang.

4.Langkah selanjutnya adalah memotong seng sesuai dengan garis yang sudah Anda buat. Gunakan gunting pemotong seng untuk memotong dengan presisi.

5.Setelah selesai melakukan pemotongan, saatnya kita melipat seng agar membentuk talang sesuai dengan ukuran. Cara melipat talang seng agar presisi dapat menggunakan berbagai teknik. Teknik yang paling sederhana adalah dengan bantuan tang. Anda bisa meletakkan kayu yang sudah dipotong dengan sisi yang lurus sesuai dengan garis lekukan. Gunakan tang untung melipat seng sampai batas kayu. Agar lekukan Anda membentuk garis lurus yang presisi, ratakan lekukan dengan palu atau tang.

6.Jika memiliki atap yang panjang dan butuh sambungan talang, Anda dapat melakukan penyambungan dengan cara yang mudah. Cara menyambung talang seng dapat menggunakan potongan talang yang dijadikan sebagai penyangga atau dengan cara yang lebih sederhana dengan menumpuk dua ujung talang tepat pada penyangga talang.

7.Setelah semua talang selesai dibuat, saatnya kita memasang talang air yang sudah kita buat. Dalam pemasangan, kita perlu penyangga untuk memasang talang. Jika enggan membuat, kita bisa membeli penyangga yang sudah ada di pasaran. Pasang penyangga dengan jarak yang tepat sehingga talang dapat terpasang dengan sempurna.

Pertimbangan Pemilihan Bahan Talang


Itu tadi beberapa langkah yang diperlukan untuk membuat talang air sendiri. Model talang air rumah sebenarnya ada berbagai macam dan dapat dibuat dari berbagai bahan. Anda juga bisa menggunakan talang seng galvalum sebagai talang air rumah Anda. Ada juga talang beton dan talang plastik yang dapat Anda gunakan. Ada banyak macam bahan talang yang pemilihannya dapat disesuaikan dengan preferensi Anda.

Sebenarnya, pertimbangan pemilihan ada di tangan Anda. Adapun pertimbangan memilih talang yang akan Anda gunakan diantaranya adalah sebagai berikut.

1.Berdasarkan anggaran
Anda dapat memilih berdasarkan pada anggaran yang tersedia. Pilih bahan yang terjangkau jika anggaran yang tersedia terbatas.

2.Berdasarkan ketahanan dan kemudahan pemasangan
Anda juga bisa memilih berdasarkan keawetan atau kemudahan pemasangan dan pembuatannya. Jika anggaran bukan masalah utama, akan lebih baik mengutamakan kemudahan dalam pemasangan agar Anda dapat memasangnya dengan lebih cepat. Keawetan juga dapat menjadi prioritas Anda.

3.Berdasarkan bentuk dan model rumah
Jika Anda ingin, Anda juga bisa menyesuaikan dengan bentuk rumah, misalnya saja, Anda memilih talang air rumah minimalis dengan bahan dan bentuk yang sesuai dengan konsep rumah Anda agar kesan rumah yang Anda miliki memiliki konsep tertentu.

Itu tadi ulasan mengenai keunggulan talang yang terbuat dari bahan seng dan cara membuat talang air dari seng. Anda dapat mempraktekannya sendiri di rumah jika Anda memiliki banyak waktu luang dan ingin sedikit berhemat. Pilihan bahan seng dapat menjadi alternatif karena harganya yang cukup terjangkau dengan ketahanan dan keawetannya yang cukup tinggi sehingga tidak akan membuat Anda menyesal nantinya. Keinginan untuk buat sendiri atau membeli talang yang sudah jadi dapat Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda.

Post a Comment for "Kelebihan dan Cara Membuat Talang Air dari Seng"