Cara Mengusir Kalajengking dengan Efektif dan Aman

Mungkin Anda sering melihat kalajengking di televisi dan memahami bahaya jika sampai tersengat. Tapi, pernahkah Anda membayangkan kalajengking bisa masuk rumah Anda? Ya, bukanlah hal yang mustahil mengalami kejadian seperti ini, apalagi jika Anda hidup di daerah yang masih dekat dengan alam. Maka dari itu, Anda harus memiliki persiapan dengan mempelajari cara mengusir kalajengking. Caranya ternyata tidaklah sulit karena Anda bisa melakukannya dengan cara alami. Mari kita pelajari lebih lanjut mengenai jenis-jenis kalajengking, bahaya kalajengking, dan cara mengusirnya di bawah ini.
cara mengusir kalajengking
foto:islampos.com
Mengenal Jenis-Jenis Kalajengking

Ada sekitar 2,000 jenis kalajengking di dunia, namun hanya beberapa jenis kalajengking yang bisa Anda temui di Indonesia. Kalajengking yang mematikan tidak berasal dari spesies yang berasal dari Indonesia, contohnya Indian red scorpion dan death stalker scorpion yang sering ditemukan di India, Nepal, dan Sri Lanka.

Kebanyakan kalajengking di Indonesia merupakan kalajengking yang tidak berbahaya namun sengatnya tetap harus dihindari. Contohnya saja kalajengking jenis kaisar yaitu kalajengking yang memiliki warna hitam dengan ukuran badan sekitar 8 inci. Beberapa orang menjadikan kalajengking ini sebagai jenis kalajengking rumahan yang dikembangbiakkan untuk sekedar dipelihara atau keperluan komersial.

Bahaya Kalajengking Jika Masuk Rumah

Seperti yang Anda ketahui bahwa kalajengking memiliki bisa sengatan yang berasal dari ekornya. Meskipun demikian, kalajengking yang sering ditemukan masuk ke dalam rumah merupakan jenis kalajengking yang tidak berbahaya. Sengat kalajengking ini hampir mirip dengan sengat dari lebah atau tawon yang tidak menimbulkan cedera serius. Meskipun demikian, jika kalajengking benar-benar masuk ke rumah, sangat tinggi kemungkinan untuk menyengat kita. Jika Anda tidak beruntung dan tersengat kalajengking, maka ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk menghindari komplikasi yang lebih lanjut.

Namun saat ini, sudah banyak orang yang secara sengaja memelihara kalajengking untuk diambil bisanya. Ya, bisa kalajengking memang bisa dijual dengan harga yang fantastis tergantung tingkat bisanya. Meskipun demikian, bagi Anda yang tidak memiliki keahlian, sebaiknya menghindari masuknya kalajengking di dalam rumah.

Penyebab Kalajengking Masuk Rumah

Nah, perlu Anda ketahui bahwa ada mitos kalajengking masuk rumah. Menurut kepercayaan orang pada zaman dahulu, kalajengking lekat dengan ilmu hitam. Jadi, tidak heran jika Anda sering melihat difilm-film dimana kalajengking sering berada di dekat penyihir hitam, peti mati, atau tempat-tempat mistis. Jadi, ada yang percaya bahwa kalajengking merupakan hewan yang terkutuk.

Nah, secara alamiah, ada beberapa arti kalajengking hitam masuk rumah. Hal ini biasanya disebabkan oleh kondisi rumah yang kurang bersih. Sebagai contoh, membawa barang bekas dari luar ke dalam rumah atau menyimpan barang bekas yang kemudian dijadikan tempat tinggal kalajengking. Tempat tinggal kalajengking adalah tempat-tempat yang lembab dan gelap. Biasanya, kalajengking sering ditemukan di bawah tumpukan batu, kayu kering, atau tumpukan dedaunan. Jadi, jika ada ruang di rumah Anda yang lembab dan kotor, ini bisa mengundang kalajengking masuk.

Nah, hal yang paling mengundang kalajengking masuk rumah adalah adanya sumber makanan. Kalajengking sangat suka memakan serangga seperti jangkrik, kecoa, semut, dan riang-riang. Maka dari itu, jaga kebersihan rumah Anda agar tidak dijadikan sarang hewan-hewan makanan kalajengking tersebut.

Cara Mengatasi Kalajengking yang Masuk Rumah


Ada beberapa cara mengatasi kalajengking jika masuk rumah yaitu dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

1.    Menangkap kalajengking
Jika Anda melihat kalajengking masuk rumah, maka coba tangkap. Cara menangkap kalajengking adalah dengan menggunakan penjepit yang panjang seperti untuk memanggang. Jika tidak, Anda bisa memerangkap kalajengking ke dalam toples yang terbalik. Kemudian, selipkan karton atau alas kaku lainnya di bagian bawah. Pindahkan kalajengking ke tempat lain yang jauh dari rumah.

2.    Menggunakan obat pembasmi
Jika kalajengking yang Anda temukan tidak cuma satu, maka cara pertama tidak akan efektif. Jika banyak, maka Anda membutuhkan obat pembasmi. Semprotkan insektisida khusus kalajengking untuk membunuh kalajengking. Cara ini juga bisa Anda lakukan untuk menyemprotkan bagian-bagian rumah seperti pondasi atau basement yang bisa jadi tempat masuknya serangga ini.

3.    Menanam tanaman lavender
Lavender ternyata bukan hanya bermanfaat sebagai bahan pewangi ruangan atau parfum. Nah, tanaman lavender juga bisa digunakan untuk mengusir kalajengking karena serangga ini tidak menyukai aromanya. Anda bisa menanam lavender di lokasi dekat pintu masuk atau jendela. Anda juga bisa menanam tanaman sitrun atau jeruk-jerukan yang aromanya juga tidak disukai.

4.    Menyiram dengan cuka
Cuka memiliki sifat yang keras bagi kalajengking. Jika disiram ke badan kalajengking, maka perlahan akan mengganggu dan merusak sensornya. Sehingga, kalajengking akan kebingungan dan menyerang dirinya sendiri.

5.    Menyiram dengan cairan HCL

Cairan keras seperti HCL bisa digunakan untuk membersihkan saluran pembuangan yang menjadi tempat favorit kalajengking untuk bersarang. Lakukan hal ini secara berkala.

Nah, selain untuk mengusir kalajengking, cara di atas bisa Anda gunakan juga sebagai cara mengusir ketonggeng. Ketonggeng merupakan jenis kalajengking di Jawa yang serangga yang masih satu kerabat dengan kalajengking, namun memiliki struktur tubuh yang berbeda. Tidak seperti kalajengking, kotenggeng tidak berbisa dan tidak berbahaya bagi manusia. Namun, jika merasa terancam, mereka akan berusaha mencapit lawannya. Apabila Anda tercapit, rasanya mungkin akan sangat sakit karena capitnya terbilang cukup kuat.

Melakukan Pencegahan Terhadap Kalajengking

Sebelum kalajengking masuk, ada baiknya Anda melakukan beberapa pencegahan dengan melakukan hal-hal di bawah ini.

1.    Memelihara hewan yang ditakuti kalajengking

Ada beberapa hewan yang ditakuti kalajengking seperti kucing dan anjing. Binatang peliharaan ini memang suka memangsa serangga termasuk kalajengking. Meskipun demikian, tidak semua jenis kucing dan anjing suka memangsa kalajengking. Tetapi, jika Anda takut hewan peliharaan Anda tersengat, maka sebaiknya hindari cara ini.

Selain itu, ada juga jenis laba-laba yang memangsa kalajengking. Jika Anda sering melihat kalajengking masuk rumah, Anda bisa tetap membiarkan jenis laba-laba pemangsa kalajengking untuk tetap hidup di rumah Anda.

2.    Berburu kalajengking
Cara mencari kalajengking yang mudah adalah dengan menggunakan sinar ultraviolet. Ketika disoroti dengan sinar UV, maka kalajengking akan berpendar. Lakukan hal ini pada malam hari agar kalajengking lebih mudah terlihat. Pastikan untuk selalu menggunakan sepatu boot, sarung tangan, penjepit besi yang panjang, dan wadah untuk kalajengking yang rapat dan aman.

3.    Menutup segala lubang dan retakan di rumah
Mungkin Anda bertanya-tanya apakah kalajengking bisa memanjat? Jawabannya adalah iya. Maka dari itu, tutup segala lubang dan celah seperti retakan dinding atau langit-langit yang bisa jadi jalan bagi kalajengking untuk masuk ke rumah.

4.    Selalu menjaga kebersihan rumah

Karena kalajengking suka rumah yang lembab dan kotor, maka sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan rumah, ya?!

Post a Comment for "Cara Mengusir Kalajengking dengan Efektif dan Aman"