Cara Membersihkan Keramik Kusam Agar Rumah Kembali Seperti Baru

Menjelang hari raya orang biasanya berlomba-lomba membersihkan dan membereskan rumah tinggal untuk menyambut keluarga dan tamu yang berdatangan. Rumah yang rapi dan bersih tentu akan membuat Anda dan keluarga semakin nyaman dalam merayakan hari raya. Salah satu yang cukup mengganggu tampilan rumah adalaph lantai keramik yang kusam. Apabila rumah Anda sudah beusia cukup lama biasanya lantai yang semula berwarna cerah sudah berubah kusam dan terlihat kurang bersih meskipun sudah Anda besihkan seperti biasa. Diperlukan cara membersihkan keramik kusam yang efektif untuk mengembalikan kilau keramik seperti baru lagi. Selain kusam, ada pula beberapa masalah lantai keramik lain yang mungkin mengurangi keindahan tampilan rumah Anda seperti lantai kasar dan berkerak. Semua masalah lantai ini dapat diatasi dengan cara-cara khusus yang tepat dan efektif.
cara membersihkan keramik kusam
foto:sedotwcbali.com
Keramik memang banyak dipilih untuk lantai rumah karena selain mudah dibersihkan pilihan motif maupun warnanya juga beragam dan dapat disesuaikan dengan desain rumah secara keseluruhan. Akan tetapi cara membersihkan yang kurang tepat dapat membuat kotoran menempel dan mengerak pada laintai keramik sehinga tampilannya menjadi kusam. Berikut ini beberapa permasalahan lantai yang mungkin sering ditemui lengkap dengan solusinya :

Lantai Kusam

Lantai kusam merupakan masalah yang paling umum ditemui. Lantai keramik yang sudah berusia cukup lama biasanya akan terlihat kusam dan sulit untuk bersih cemerlang seperti baru. Sebenarnya dengan sedikit usaha ekstra Anda bisa membuat lantai menjadi seperti baru kembali, diantaranya dengan :

1.    Campuran baking soda dengan pasta gigi
Cara membersihkan keramikyang pertama adalah menggunakan baking soda. Selain digunakan untuk membuat kue, baking soda ternyata juga memiliki manfaat lain untuk membersihkan lantai keramik. Cairan pembersih komersial umumnya dibuat dengan kandungan bahan yang asam sehingga dapat mengangkat kotoran lebih mudah tetapi dapat mengikis lapisan atas keramik yang membuatnya kusam. Penggunaan baking sodan dan pasta gigi ini bersifat lebih basa sehinnga kilau bagian lapisan atas keramik tidak terkikis.

Cara membersihkannya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan pasta gigi kemudian langsung dioleskan ke permukaan keramik menggunakan kain bersih yang basah. Lap permukaan lantai secara menyeluruh dan perlahan untuk membuat lantai kembali berkilau.

2.    Cuka
Cuka memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan cukup efektif untuk mengangkat kotoran membandel. Anda bisa mengoleskan cuka pada permukaan lantai dan membiarkannya selama beberapa menit sebelum kemudian menggosoknya agar kotoran penyebab kusam terangkat sempurna. Aroma cuka yang cukup menyengat bisa Anda hilangkan dengan cara mengepel kembali lantai keramik menggunakan cairan pembersih dengan aroma yang wangi.

Lantai baru dipasang

Lantai yang baru dipasang umumnya juga perlu dibersihkan dengan benar agar bekas semen ataupun bahan-bahan bangunan yang digunakan pada pemasangannya dapat hilang sempurna. Membersihkan secara manual menggunakan sikat dan kain pel sebenarnya sudah cukup dan mampu mengangkat noda-noda semen tersebut. Akan tetapi, penggunaan air dan sikat saja membutuhkan tenaga dan waktu yang ekstra sehingga diperlukan bahan khusus untuk mengangkan bekas noda semen. Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membantu membersihkan noda dengan lebih cepat ini diantaranya adalah garam dan perasan air lemon. Kedua bahan ini dapat membuat noda semen yang melekat di permukaan keramik lebih mudah terangkat sehingga penyikatan tidak perlu terlalu keras dan lama. Cara membersihkan keramik yang baru dipasang ini tergolong mudah untuk diterapkan dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

Lantai kasar

Kadang lantai rumah terasa kasar dan tidak nyaman ketika terinjak. Rasa kasar ini bisa disebabkan karena adanya kotoran yang menempel kuat di permukaan lantai. Kotoran ini harus diangkat agar lantai kembali terasa licin dan bersih. Akan tetapi ada pula jenis keramik yang memang dibuat kasar permukaannya. Biasanya jenis keramik kasar ini digunakan untuk lantai kamar mandi maupun garasi agar tidak licin ketika terinjak. Perawatan lantai keramik bermotif kasar ini ternyata perlu lebih ekstra dibandingkan lantai keramik yang licin seperti di bagian dalam rumah seperti kamar atau ruang tamu. Cara membersihkan lantai keramik kasar ini dilakukan menggunakan cairan pembersih khusus lantai untuk mengangkat kotoran yang menempel. Kotoran lebih mudah menempel dan melekat kuat pada keramik kasar dibandingkan keramik halus. Oleh karena itu membersihkan keramik kasar ini perlu lebih sering agar kotoran tidak terlanjur mengendap dan menjadi lebih susah untuk dibersihkan.

Lantai berkerak

Apabila lantai terkena noda terus menerus dan tidak langsung dibiarkan biasanya lama-kelamaan kotoran akan mengendap dan berkerak. Lantai yang berkerak tentu terlihat kotor dan tidak nyaman untuk diinjak. Jika menghadapi permasalahan ini ada langkah-langkah pembersihan yang perlu Anda lakukan. Cara membersihkan keramik yang berkerak dapat dilakukan menggunakan cairan khusus pembesih porselain. Cairan ini memang dirancang untuk merontokkan kotoran dan kerak-kerak yang melekat di keramik. Cara penggunaannya yaitu dengan menyiramkan cairan pembersih pada bagian lantai yang berkerak kemudian dibiarkan selama beberapa saat. Setelah dibiarkan sikat menggunakan sikat yang sedikit kasar agar seluruh kerak terangkat sempurna.

Membersihkan nat keramik

Nat merupakan garis-garis batas yang ada di sekeliling lantai keramik. Nat ini seringkali terlihat kotor akibat jamur atau kotoran yang melekat. Ukurannya yang kecil membuat kotoran yang ada pada nat terkadang tidak terbawa ketika lantai diusap menggunkan kain pel. Supaya nat keramik selalu bebas kotoran Anda perlu rutin membersihkannya dengan produk pembersih nat keramik. Membersihkan nat lantai secara rutin bisa menghindarkan adanya tumpukan jamur yang menjadi sarang penyakit.

Apabila kondisi nat sudah terlanjur sangat kotor ataupun rusak Anda bisa mengambil langkah untuk mengganti nat. Cara mengganti nat keramik ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah menggunakan bahan berupa semen instan. Cara melepas nat keramik yang rusak atau kotor dapat dilakukan dengan mengeroknya menggunakan alat khusus. Setelah dikerok, Anda bisa memberikan semen instan untuk mengisi ruang nat yang sudah kosong tadi dan kemudian membiarkannya hingga kering. Cara nat keramik ini dipasang memang cukup mudah dan tidak memerlukan banyak bahan maupun peralatan. Setelah nat kering lantai Anda akan terlihat seperti baru dengan nat yang bersih tanpa noda.

Kunci utama untuk menghindari masalah-masalah pada lantai keramik ini adalah dengan rutin membersihkan lantai keramik dengan cara yang benar. Membersihkan rutin belum tentu bisa membuat lantai tetap bersih berkilau apabila dilakukan dengan metode dan bahan yang kurang tepat. Cara mengepel lantai biar kinclong dapat dilakukan dengan membersihkan lantai menggunakan lap bersih dan pembersih lantai khusus. Usapkan lap pel yang sudah dicelupkan pada cairan pembersih ini secara merata ke seluruh permukaan lantai. Beri sedikit tekanan ketika mengusap lantai dengan lap pel agar kotoran yang menempel bisa benar-benar terlepas dan lantai bersih sempurna.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Keramik Kusam Agar Rumah Kembali Seperti Baru "